Sekilas Info

APBD

OPD Pemprov Maluku Utara Diperintahkan Segera Input Data ke SIPD

Samsuddin A Kadir. (Arsip Humas Pemprov Malut)

Tandaseru — Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui OPD-nya dapat melakukan penyusunan dan penginputan perencanaan kas (Renkas), setelah password admin daerah SIPD diberikan Kementerian Dalam Negeri.

“Sementara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) proses penginputan Renkas untuk nanti selanjutnya cetak daftar pelaksana anggaran (DPA),” ujar Sekda Nonaktif Maluku Utara, Samsuddin Abdul Kadir, Kamis (25/4/2024).

Samsuddin mengingatkan seluruh OPD agar mempercepat proses penginputan data ke SIPD, sehingga APBD 2024 secepatnya berjalan dengan normal.

“Semakin cepat diinput, maka DPA-nya akan cepat dicetak juga,” ujarnya.

Biro Administrasi Pimpinan Daerah, Setda Maluku Utara misalnya, sudah mulai menyusun perencanaan kas melalui SIPD, setelah mendapat arahan dari sekretaris daerah. 

“Kami sedang lakukan penyusunan. Sesuai arahan pak Sekda Renkas akan disusun secara cepat dan tepat sesuai rencana rencana kerja anggaran (RKA),” ungkap Kepala Biro Adpim Rahwan K. Suamba.

Penyebab lambatnya penyusuan Renkas melalui SIPD

Pemprov Malut termasuk pemerintah daerah yang paling lambat menyusun Renkas melalui SIPD, lantaran password admin daerah SIPD di reset oleh Kementerian Dalam Negeri. Penyebabnya adalah pemberhentian sementara Samsuddin A Kadir dari posisi Sekda dan mengangkat pelaksana tugas dinilai inprosesdural.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Sahril Abdullah
Editor: Sahril Abdullah