Sekilas Info

Pertumbuhan Ekonomi Maluku Utara Masih Tertinggi se-Indonesia

Ilustrasi APBN. (Istimewa)

Tandaseru -- Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Maluku Utara melaksanakan agenda rutin media briefing Torang Pe APBN Edisi Februari 2024, Rabu (28/2/2024).

Acara dihadiri seluruh perwakilan instansi vertikal Kementerian Keuangan beserta media lokal di Provinsi Maluku Utara.

Mengawali pemaparannya, Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Maluku Utara Tunas Agung Jiwa Brata mengungkapkan, kondisi perekonomian Indonesia dan kinerja APBN per Januari 2024 di mana memasuki awal tahun 2024, beberapa kondisi dan isu global menjadi perhatian, di antaranya tekanan dan ketidakpastian pada perekonomian yang disebabkan eskalasi konflik dan perang di beberapa negara serta adanya kebijakan restriksi dagang beberapa negara.

Akan tetapi, hingga Januari 2024 aktivitas ekonomi domestik terjaga dengan baik melalui upaya pengendalian harga pangan yang terus konsisten dilaksanakan. Sejalan dengan itu, kinerja APBN di bulan Januari 2024 terjaga positif dengan kinerja pendapatan dan belanja yang cukup kuat di awal tahun.

Selanjutnya, Tunas Agung mengungkapkan kondisi perkembangan ekonomi di Maluku Utara, di mana hingga akhir tahun 2023, pertumbuhan ekonomi Maluku Utara semakin menguat dengan pertumbuhan secara kumulatif di atas 20% dan menjadi yang tertinggi di Indonesia. Industri pertambangan dan penggalian tetap tumbuh dan mendominasi.

“Berdasarkan data BPS, laju PDRB pada Kuartal IV Tahun 2023 tumbuh kuat sebesar
17,99% (yoy) dan 20,49% (ctc), masih tertinggi secara nasional. Selanjutnya pada Januari 2024, laju inflasi masih di atas nasional (2,57% (yoy)) dan berada pada angka 4,33% (yoy) di mana Kota Ternate mengalami inflasi sebesar 4,19% (yoy) dan Kabupaten Halmahera Tengah sebesar 5,00% (yoy). Komoditas beras, bahan bakar rumah tangga, angkutan udara, dan sigaret kretek mesin masih menjadi komoditas utama penyumbang inflasi Januari 2024 secara yoy,” jelasnya.

Pada sisi kinerja sektor keuangan dengan data per Desember 2023, berupa Total Dana
Pihak Ketiga (DPK), terjadi pertumbuhan 12,41% (yoy) sejalan dengan kinerja dunia usaha yang makin membaik sebagaimana tercermin dari tingginya pertumbuhan PDRB kuartal III tahun 2023.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: Sofyan Togubu
Editor: Ika Fuji Rahayu