Sekilas Info

PSU Jelang Injury Time, KPU Maluku Utara: Kesiapan Logistik Jadi Penentu

Ketua KPU Provinsi Maluku Utara, Pudja Sutamat.(Istimewa)

Menurut Pudja, pengadaan logistik PSU pun harus ada pengajuan KPU kabupaten/kota ke KPU provinsi untuk selanjutnya disampaikan ke KPU RI, dan dilakukan permintaan pengadaan logistik pada perusahaan penyedia juga bakal memakan waktu. Pasalnya, perusahaan pemenang tender penyedia logistik Pemilu pun berada di Pulau Jawa, dan juga menangani pengadaan logistik dibanyak daerah di Indonesia yang menggelar PSU.

Bila jadwal PSU sudah ditetapkan dan hingga hari pelaksanaan ketersediaan logistik belum cukup sesuai kebutuhan, kata Pudja, hal ini bisa menjadi masalah, PSU terancam tidak dapat dilaksanakan.

Apalagi untuk PSU di Halmahera Tengah dan Halmahera Timur yang masing-masing memiliki daftar pemilih tetap (DPT) pada TPS PSU secara akumulasi berjumlah lebih dari 1.000, tentunya perlu tambahan pengadaan logistik surat suara khusus PSU sebelum injury time.

“Itu problemnya tapi tetap ditelaah, dikaji kemudian nanti dikoordinasikan terkait kebutuhan sesungguhnya di TPS yang bersangkutan. Ini soal kecepatan pengadaannya,” jelas Pudja.      

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Ardian Sangaji
Editor: Ardian Sangaji