Sekilas Info

Penyerahan Insentif Imam dan Pendeta se-Halmahera Barat Triwulan I Tuntas

Djufri Muhamad. (Tandaseru/Mardi Hamid)

Tandaseru -- Pemerintah Daerah Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, telah menuntaskan penyerahan dana insentif kepada seluruh imam dan pendeta triwulan I.

Wakil Bupati Djufri Muhamad saat dikonfirmasi tandaseru.com di kantor bupati, Kamis (6/5) mengatakan, dana insentif yang diserahkan para imam dan pendeta tersebut dimulai dari Januari hingga Maret 2021.

"Kemarin terakhir kami salurkan itu di Loloda dan Sahu, Sahu Timur itu kami kumpulkan di Taba Campaka. Untuk tiga kecamatan di Ibu itu digabung di Gamlamo, Jailolo Selatan di Sidangoli, Jailolo Timur di Akelamo Kao dan Kecamatan Jailolo di kantor bupati," ungkap Djufri.

Insentif selanjutnya akan diberikan saat Idul Adha dan terakhir disalurkan di momen Natal dan Tahun Baru.

"Hampir semua kecamatan saya yang turun menyalurkan itu, dan alhamdulillah para imam dan pendeta sangat antusias sekali menerima," ujar politikus Partai Nasdem ini.

Penyerahan insentif di setiap kecamatan dilakukan bersamaan dengan kegiatan safari Ramadan pemda. Usai buka puasa bersama kemudian disertai penyerahan secara simbolis. Selebihnya, Dinas Sosial yang langsung memberikan kepada imam dan pendeta.

"Jadi hampir semua imam dan pendeta hadir, hanya satu dua orang yang tidak hadir dan itu diwakili," terang Djufri.

Menurutnya, pascapilkada kemarin tentu ada gesekan atau perbedaan pendapat lain. Karena itu ia berharap imam dan pendeta bisa menjadi garda terdepan menyatukan dan menjalin kembali silaturahmi.

“Dan tugas pembinaan umat itu ada di mereka. Jadi sangatlah bijak pemerintah daerah dalam hal ini memprioritaskan memberikan insentif," pungkas Djufri.

Penulis: Mardi Hamid
Editor: Ika FR