Sekilas Info

KPK Segera Sita Mobil Dinas di Tangan Mantan Ketua DPRD Maluku Utara

Kasat Korsup Pencegahan Direktorat V KPK, Sugeng Basuk. (Sahril/Tandaseru)

Tandaseru -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menyoroti upaya pencegahan korupsi Pemerintah Provinsi Maluku Utara di bidang manajemen aset daerah.

Salah satu yang menjadi sorotan komisi antirasuah ini adalah penyelamatan aset bergerak berupa kendaraan dinas yang masih dikuasai mantan pejabat daerah di Maluku Utara.

Kasat Korsup Pencegahan Direktorat V KPK, Sugeng Basuki mengatakan, upaya penyelamatan aset telah dilakukan KPK, baik aset bergerak maupun aset tidak bergerak.

Aset bergerak, kata Sugeng, berupa kendaraan yang masih dikuasai mantan pejabat.

“Aset yang masih dikuasai mantan pejabat diharapkan agar dilakukan penarikan,” tegas Sugeng usai menghadiri Rapat Koordinasi Manajemen Aset Pemerintah Daerah se-Maluku Utara di Kota Ternate, Kamis (8/4).

Sugeng menegaskan, terkait aset mobil dinas yang masih dikuasai mantan Ketua DPRD Maluku Utara yang keberadaannya di Jakarta, KPK sudah berkoordinasi dengan Kejaksaan sehingga dalam waktu dekat Kejaksaan akan menyusul ke Jakarta untuk menyita langsung.

“Kita sudah sampaikan kepada pemda bahwa akan di-support pendanaan anggarannya. Ada sekitar dua mobil dinas yang ada di Jakarta,” ungkapnya.

“Selain kendaraan di Jakarta, kami juga menerima laporan terdapat 20 mobil dinas yang masih dikuasai mantan pejabat, 9 di antaranya sudah diselesaikan oleh Kejaksaan," tandas Sugeng.

Sementara Sekretaris Provinsi Malut, Samsuddin A. Kadir saat dikonfirmasi terpisah mengatakan, Pemprov sudah menyepakati menganggarkan dana untuk penyelamatan aset berupa mobil dinas yang saat ini keberadaannya di luar Maluku Utara.

“Anggarannya sudah kami siapkan, di Keuangan ada,” ujar Samsuddin.

Terkait aset kendaraan, kata Samsuddin, sebelumnya sudah dilakukan upaya komunikasi namun belum ada titik terang sehingga langkah berikut akan ditempuh.

“Hanya saja anggarannya terkendala SIPD saja. Jika sudah normal tim langsung akan bergerak,” tandasnya.

Penulis: Tim
Editor: Sahril Abdullah