Sekilas Info

Karang Taruna Dano Banau Tuada Akan Gelar Diskusi Dukung Usulan Pahlawan Nasional

Ketua Karang Taruna Dano Banau Desa Tuada, Julfikar S. Iksan. (Istimewa)

Tandaseru -- Karang Taruna Dano Banau Desa Tuada, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, bakal menggelar diskusi tentang kiprah Kapita Banau. Tuada merupakan desa asal Banau, pahlawan Perang Jailolo yang akan diusulkan Pemerintah Halbar menjadi Pahlawan Nasional.

Ketua Karang Taruna Dano Banau Desa Tuada, Julfikar S. Iksan melalui siaran pers mengatakan, pihaknya mendukung langkah Pemda Halbar. Namun ia meminta Pemda membuka mata tentang sejarah asal muasal Perang Rogu Lamo tahun 1914 yang dipimpin Kapita Banau.

"Tuada menjadi sentral untuk mengusir penjajah. Banau dan para tetua mengatur strategi demi membebaskan rakyat dari belenggu penjajah. Oleh karena itu, Pemda jangan buta sejarah. Mari kita duduki bersama, undang para tokoh yang ada di Tuada, Gufasa, Matui, Porniti, Gamlamo dan desa-desa yang terlibat dalam Perang Banau biar ini lebih jelas," ungkapnya, Jumat (5/4).

Menurut Julfikar, langkah awal yang harus dilakukan Pemda Halbar adalah mengundang akademisi untuk membicarakan terkait naskah akademik Banau untuk diseminarkan.

"Pemuda Tuada tetap mendukung. Pemda harus undang para akademisi untuk kita duduki bersama. Sehari dua generasi muda Banau yang tergabung dalam Karang Taruna Dano Banau akan melakukan diskusi. Kami berharap Pemda selaku pemangku kebijakan harus lebih serius," ujarnya.

Diskusi Karang Taruna Dano Banau, kata Julfikar, bakal menghadirkan akademisi dari sejarawan dan antropolog untuk mengkaji Banau dari sisi sejarah dan kebudayaan.

"Saya berpikir hal ini harus dikaji dari sisi sejarah dan budaya secara ilmiah, sehingga nanti akan melahirkan sebuah hasil berupa naskah akademik yang nantinya dipakai untuk mengusulkan Banau sebagai Pahlawan Nasional," pungkasnya.

Penulis: Mardi Hamid
Editor: Sahril Abdullah