Sekilas Info

Pemda Halmahera Utara Godok Perampingan, Setidaknya 10 OPD Bakal ‘Hilang’

Plh Bupati Halmahera Utara, Yudihart Noya. (Istimewa)

Tandaseru -- Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, tengah menggodok rancangan peraturan daerah terkait perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Jika ranperda ini disahkan maka sejumlah OPD akan dimerger menjadi satu.

"Ada OPD yang akan dirampingkan atau digabungkan dalam tahun ini, sebab ranperda-nya sudah masuk pada Prolegda DPRD Halut," ungkap Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Halut, Hairudin Dodo, Senin (22/2).

Plh Bupati Halut, Yudihart Noya yang ditemui terpisah menyatakan, perampingan OPD dilakukan agar strukturisasi dalam OPD bisa terfokus pada pelayanan yang lebih baik. Menurutnya, saat ini terjadi penggemukan OPD sementara fungsi kegiatan sangat kecil.

"Untuk rancangan perampingan OPD saat ini dari yang berjumlah 34 menjadi 21 hingga 24 OPD," jelasnya.

Disentil terkait dinas apa saja yang bakal mengalami perampingan, Yudihart menyatakan belum diketahui secara pasti. Hanya saja dari amatannya kemungkinan besar Dinas Pemuda dan Olahraga akan digabungkan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas UKM dan Koperasi digabungkan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, lalu Dinas Sosial akan digabungkan dengan Dinas Tenaga Kerja, serta Dinas Pemberdayaan Perempuan akan digabungkan dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

"Sementara untuk Badan Keuangan dan Aset Daerah akan dibagi menjadi Dinas Keuangan dan Dinas Pendapatan. Masih akan ada OPD yang digabungkan. Meski demikian, perampingan ini sendiri masih dalam rancangan hingga menjadi 21 sampai 24 OPD. Alasan perampingan ini dilakukan sehingga APBD bisa naik,” tandas Yudihart.

Penulis: Al
Editor: Sahril Abdullah