Sekilas Info

Pelantikan Bupati dan Wali Kota di Maluku Utara Dilaksanakan secara Virtual

Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba. (Zulkifli Ahmad Yusuf)

Tandaseru -- Pemerintah Provinsi Maluku Utara memastikan pelantikan kepala daerah bupati/wali kota yang diagendakan Jumat (26/2) besok berlangsung secara virtual.

Kepala Biro Protokol, Kerja Sama dan Komunikasi Publik Pemprov Malut Rahwan K. Suamba mengatakan, berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri Nomor 131/966/OTDA tanggal 15 Februari 2021 ditegaskan pelantikan bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota dilaksanakan melalui media teleconference dan/atau video conference.

"Namun ini akan dimatangkan kembali dalam rapat Selasa (23/2) besok," ujar Rahwan, Senin (22/2).

Rahwan bilang, Gubernur Abdul Gani Kasuba akan melantik empat kepala daerah yakni Bupati/Wakil Bupati Halmahera Barat, Pulau Taliabu, Halmahera Timur, dan Wali Kota/Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan.

"Suasana pelantikan empat kepala daerah periode 2021-2024 sedikit berbeda karena akan dilantik oleh Gubernur secara virtual. Hal ini untuk menekan penyebaran Covid-19," terangnya.

Ia menambahkan, pelantikan secara virtual tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri dengan jumlah peserta yang terbatas.

"Jadi masing-masing kepala daerah yang akan dilantik mereka tetap di daerahnya saja, itu pun pesertanya terbatas hanya 25 seat yang disediakan yakni bupati dan wakilnya serta wali kota dan wakilnya dan beberapa Forkopimda," tandasnya.

Penulis: Tim
Editor: Sahril Abdullah