Sekilas Info

86 Pengendara Terjaring Operasi Zebra di Sula

Operasi Zebra 2020 di Kepulauan Sula. (Istimewa)

Tandaseru -- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kepulauan Sula, Maluku Utara menggelar Operasi Zebra Kieraha 2020 selama 14 hari, terhitung sejak Senin (26/10).

Pada hari pertama, Satlantas Polres Sula menindak setidaknya 33 kendaraan, 23 pelanggar diberi teguran secara lisan, serta 11 pelanggar diberi teguran tertulis dan 9 pelanggar langsung ditilang.

"Dari 9 pelanggar yang ditindak rata-rata tidak menggunakan helm, tidak miliki SIM, tidak miliki Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dan satu kendaraan beroda empat," kata Kasat Lantas Polres Kepulauan Sula IPTU Adil kepada tandaseru.com saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/10).

Sedangkan pada hari kedua, Adil menyebutkan, sebanyak 53 kendaraan beroda dua yang terjaring Operasi Zebra. Diantaranya, 15 kendaraan diberi peringatan secara lisan dan 30 diberi peringatan secara tertulis, sementara 8 lainnya langsung ditilang.

Pada Operasi Zebra kali ini, kata Adil, Satlantas Polres Sula lebih mengedepankan promotif dan preventif.

"Karena selama kegiatan ini kan masih kondisi pandemi," tuturnya.

Kegiatan yang sifatnya simpatik juga lebih diutamakan dalam operasi tahun ini.

"Kita berikan teguran, baik secara lisan maupun tulisan. Kalau pelanggaran yang sifatnya bisa menimbulkan fatalitas, tidak menggunakan helm itu fatal. Kalau jatuh itu kepala pica. Itu kan fatal, tidak bisa ditolelir," terangnya.

Selain melihat surat dan kelengkapan kendaraan, Satlantas Polres Sula juga memberi imbauan kepada setiap pengendara agar menggunakan masker saat berkendara.

"Kita hanya sifatnya menghimbau. Kita tidak bisa langsung mengambil tindakan. Kalau masih ada stok masker, kita langsung bagikan," sambungnya.

Menurut Adil, ada pengendara yang ketika terjaring razia mengaku tidak membawa surat-surat kendaraan, bahkan ada yang beralasan lupa di rumah.

"Ada kita temukan, ngakunya lupa surat-surat kendaraan. Namun jika ditemukan kedua kali, maka tidak akan ada teguran lagi," tegasnya.

Adil berpesan agar seluruh pengendara memperhatikan segala kelengkapan kendaraan, mulai dari STNK, SIM, spion maupun helm.

"Karena ini adalah operasi, jadi kalau mau keluar rumah cek dulu kendaraannya, mulai dari kelengkapannya, SIM, STNK, Plat Nomor, kaca spion, dan jangan lupa pakai masker karena ini masih masa pandemi," tukasnya.

Penulis: Samsur Sillia
Editor: Sahril A.