Sekilas Info

Kenal Dekat Nathan Liaw, Peserta KSN Perwakilan Malut Asal Sula

Nathan Reinhart Harfest Liauw. (Istimewa)

Tandaseru -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengumumkan nama-nama peserta Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 tingkat SMP. Dari 15 perwakilan Provinsi Maluku Utara, tiga diantaranya berasal dari Kabupaten Kepulauan Sula.

Salah satu perwakilan Sula adalah Nathan Reinhart Harfest Liauw (12 tahun). Putra pertama pasangan Hartono Sudiro dan Febby Liejaya Macpal itu lahir di Kota Surabaya, 24 April 2008.

Nathan merupakan sosok anak rumahan yang pendiam, tekun belajar dan gemar bermain game. Di usia 12 tahun, siswa SMP Negeri 1 Sanana ini sudah mampu berbahasa Inggris dengan lancar.

"Nathan itu anaknya pendiam, anak rumahan dan hanya belajar sama main game PUBG tiap harinya," ungkap Febby kepada tandaseru.com, Jumat (23/10).

Sebagai seorang Ibu, Febby mengaku bangga sang anak bisa mewakili daerah dan mengharumkan nama Kabupaten Kepulauan Sula di kancah nasional.

"Saya bangga, anak saya bisa masuk sebagai peserta pada kompetisi bergengsi di tingkat nasional. Satu kebanggaan sebagai orang tua juga, anak saya juga bisa mengharumkan nama daerah Kepulauan Sula di tingkat nasional," sambungnya.

Ratna Kaliki, Wali Kelas Nathan di kelas 9 SMP Negeri 1 Sanana ini juga mengagumi sosok anak asuhnya.

Ratna kepada tandaseru.com menyampaikan, meski pendiam anak asuhnya di kelas 9 ini merupakan sosok seorang siswa yang sangat aktif di kelas. Nathan mampu melebur bersama teman-temannya.

"Orangnya aktif sekali, lincah, bisa bergaul dengan teman-temannya," akunya.

Tak hanya aktif, sambung Ratna, Nathan juga memiliki prestasi yang gemilang sejak duduk di bangku kelas 7 hingga kelas 9 di SMP Negeri 1 Sanana.

"Kalau dia prestasi sih, bukan hanya di kelas saja, tetapi untuk seluruh siswa hampir dia yang 100 persen. Karena dia mendapat ranking itu mulai dari kelas 7 sampai kelas 9, dan terus ranking umum dari kelas 7 sampai 9," paparnya.

Ratna selaku wali kelas juga melihat Nathan sebagai sosok yang tekun dalam meraih prestasi gemilang.

"Dia sudah mengikuti berbagai lomba, mulai dari ekstrakurikuler, Pramuka, juga dia aktif di OSIS hingga Olimpiade Matematika di tingkat kabupaten sampai provinsi," terangnya.

Selaku guru di kelas, Ratna juga merasa kagum atas prestasi anak asuh satu ini. Bahkan sudah terbukti semenjak duduk di kelas 7 hingga kelas 9.

"Nathan sudah meraih peringkat satu umum sejak duduk di bangku kelas 7 hingga kelas 9. Bahkan, sudah berulangkali mengikuti Olimpiade Matematika di tingkat kabupaten hingga provinsi, dan kini mewaliki Maluku Utara sebagai peserta KSN tahun 2020," tandasnya.

Selain Nathan, ada juga dua siswa yang mewakili Provinsi Maluku Utara dari Kepulauan Sula di ajang KSN tahun 2020, yakni Ardani Embisa yang juga dari SMP Negeri 1 Sanana dan Aniska Leko dari SMP 3 Sulabesi Selatan.

Ketiga siswa yang mewakili Maluku Utara dari Kepulauan Sula ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi daerah, sekaligus cerminan bagi generasi muda untuk lebih tekun dan disiplin dalam menimba ilmu pengetahuan sejak dini.

Penulis: Samsur Sillia
Editor: Ika FR