Sekilas Info

Gempa 4,1 SR Guncang Kota Daruba, Morotai

Titik gempa bumi di Morotai. (Istimewa)

Tandaseru -- Gempa bumi bermagnitundo 4,1 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Sabtu (26/9). Gempa tersebut terjadi sekira pukul 05:39:17 WIT.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, lindu tersebut terjadi pada 2.06 Lintang Utara, 128.56 Bujur Timur, 29 kilometer Timur Laut Kota Daruba dengan kedalaman 38 km.

Fatma, salah satu warga Desa Tanah Tinggi Kecamatan Morotai Selatan mengaku sempat panik karena gempa tersebut dan berteriak pada anggota keluarganya agar keluar dari rumah. Pasalnya, ia trauma dengan gempa sebelumnya pada Juni lalu berkekuatan 7,1 SR. Kala itu, ratusan rumah di Morotai mengalami kerusakan.

"Ada gempa dan saya panggil keluarga yang masih tidur keluar rumah. Saya takut sekali karena waktu itu gempa terjadi di Morotai kekuatannya besar sekali, sampai banyak rumah warga rusak," ucap Fatma.

Saat dihubungi tandaseru.com, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulau Morotai Abjan Sofyan mengatakan sejauh ini tak ada laporan kerusakan rumah maupun korban jiwa.

"Memang ada gempa dengan skala 4.1 SR, untuk sementara belum ada laporan resmi staf, karena lagi memantau perkembangannya," tandasnya.

Penulis: Irjan Rahaguna
Editor: Red