Sekilas Info

Gaungkan TERNATE BANGKIT, Ini Visi Misi Paslon YAMIN-ADA

Bakal calon wali kota dan wakil wali kota Ternate Mohammad Yamin Tawary-Abdullah Tahir. (Istimewa)

Tandaseru -- Bakal calon wali kota dan wakil wali kota Ternate Mohammad Yamin Tawary-Abdullah Tahir (YAMIN-ADA) menjanjikan kemajuan Kota Ternate dan kesejahteraan masyarakatnya melalui visi-misi mereka. Ada sembilan misi yang diusung pasangan politisi kawakan ini.

Yamin menyatakan, Ternate saat ini sedang mencari pemimpin dan bisa dilihat YAMIN-ADA merupakan sosok yang pas menjadi wali kota dan wakil wali kota.

“Ternate kota yang masih perlu ditata dan harus sejahtera, yang harus ditata yakni fasilitas kota sehingga orang yang datang ke Ternate melihat Ternate kota yang bersih, aman, nyaman dan tertib,” ungkap Yamin.

Berikut visi-misi YAMIN-ADA

VISI:

YAMIN-ADA meyakini visi harus mencerminkan warna yang tegas, terukur dan manageable (bisa diwujudkan). Oleh karena itu, pasangan ini mengusung visi yang bukan sekadar slogan atau jargon politik yang abstrak, namun visi ini memuat cita-cita konkrit YAMIN-ADA dalam menciptakan Kota Ternate yang mandiri 5 tahun ke depan, sesuai dengan kapasitas dan kemampuan riil masyarakat Kota Ternate hari ini.

“TERNATE BANGKIT: Maju Kotanya, Sejahtera Rakyatnya”

Secara terminologis, visi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Ternate Bangkit; Suatu kondisi masyarakat Kota Ternate yang memiliki nilai dan tatanan adat se atoran di tengah kemajemukan dan modernitas serta memiliki kemampuan untuk mengelola Kota Ternate sebagai kota jasa yang mandiri, unggul, religius dan berbudaya dalam pemanfaatan sumber laut-pulau. Selain itu juga menunjukan suatu kondisi masyarakat Kota Ternate yang memiliki langkah bersama menjadi Kota Ternate sebagai Rumah Besar (berbagai macam etnis) di mana masyarakat memiliki pastisipasi aktif yang tinggi, memiliki berbagai skill yang dibutuhkan dalam berbagai bidang pembangunan dan selalu berorientasi menjadi yang terdepan, sehingga masyarakat Kota Ternate dapat menyelesaikan segala persoalan dengan tepat dan cepat, memiliki inovasi dan berdaya saing tinggi yang pada saatnya nanti dapat berkompetisi dengan masyarakat domestik maupun global dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Maju Kotanya; suatu keadaan kota yang pemerintahannya mampu mewujudkan pelayanan publik secara memadai sesuai harapan masyarakat dan pelaku usaha yang dapat mendukung masuknya investasi di segala bidang.

Sejahtera Rakyatnya; suatu keadaan di mana masyarakat Kota Ternate dapat mendayagunakan segenap aset, potensi, dan kemampuan yang dimiliki secara optimal untuk meningkatkan derajat dan kualitas hidup mereka secara bebas dan tidak tergantung pada orang lain ataupun kelompok tertentu yang dilaksanakan melalui dorongan, insentif, dan peranan aktif pemerintah selaku motivator, fasilitator dan dinamisator.

MISI:

Secara operasional, visi YAMIN-ADA dituangkan ke dalam sembilan misi sebagai berikut:

  • Memperkuat struktur APBD dan keuangan daerah serta mengefektifkan pengelolaan anggaran yang pro rakyat;
  • Penguatan usaha ekonomi masyarakat berdasarkan pusat pengembangan potensi sumberdaya pada setiap kecamatan;
  • Pembentukan pusat pengembangan produk unggulan agro-industri perikanan dan pertanian;
  • Pengembangan sektor pendidikan berbasis kearifan lokal, budaya dan nilai-nilai keagamaan yang berorientasi pembentukan jati diri, karakter, mandiri, berdaya saing dan menguasai teknologi;
  • Peningkatan kesadaran protokol kesehatan, perluas akses kesehatan serta sarana dan prasarana kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat;
  • Penguatan adat, budaya, dan nilai-nilai kearifan lokal sebagai modal sosial serta eksplorasi potensi alam untuk mendorong akselerasi pembangunan pariwisata daerah;
  • Peningkatan kapasitas dan daya dukung infrastruktur perhubungan untuk mendukung aktivitas ekonomi produktif masyarakat;
  • Merevitalisasi sarana dan prasarana olahraga, kesenian dan ruang publik untuk mendorong terciptanya kondisi kota yang estetik, endemik, bersih, nyaman, ramah lingkungan dan terkoneksi;
  • Penguatan tata kelola pemerintahan yang efektif, profesional dan bersih dari KKN untuk mewujudkan pelayanan publik yang optimal.

Penulis: Tim
Editor: Sahril Abdullah