Sekilas Info

Sakit dan Kelelahan, Gubernur-Wagub Tak Hadiri Pembukaan MTQ

Sekprov Malut Samsudin Abd. Kadir (kanan) bersama Bupati Halteng Edi Langkara sebelum pembukaan MTQ tingkat provinsi. (Tandaseru/Sahril)

Tandaseru -- Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVIII Provinsi Maluku Utara (Malut) yang dipusatkan di Kabupaten Halmahera Tengah tak dihadiri Gubernur Abdul Gani Kasuba dan Wakil Gubernur M. Al Yasin Ali. Pembukaan MTQ sendiri dilakukan Selasa (15/9) malam.

Ketidakhadiran kedua petinggi Pemprov ini menimbulkan tanda tanya. Pasalnya, sehari sebelumnya (14/9) Wagub diketahui berada di Kabupaten Halteng untuk kunjungan kerja ke perusahaan pengembang kawasan industri PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Malut Samsudin Abdul Kadir dipercayakan mewakili Gubernur dan Wagub membuka MTQ tersebut. Saat ditemui di kediaman Bupati Halteng, Samsudin mengatakan sebetulnya Gubernur dan Wakil Gubernur berkeinginan hadir pada acara MTQ ini. Hanya saja ada sesuatu dan lain hal sehingga keduanya tak bisa hadir.

Suasana pembukaan MTQ XXVIII di Halteng. (Tandaseru/Sahril)

Menurut Samsudin, Gubernur Abdul Gani Kasuba kesehatannya sedang terganggu.

"Pak Gubernur masih sakit. Sementara Pak Wagub ada tugas lain sehingga tidak bisa hadir dan melimpahkan kepada kami," ujarnya.

Kepala Biro Humas Pemprov Malut Muliadi Tutupoho yang sebelumnya mendampingi Wagub dalam kuker mengaku Wagub kecapekan. Alhasil, ia tak bisa hadir dalam pembukaan MTQ.

Sementara Bupati Halteng Edi Langkara mengaku Gubernur Abdul Gani Kasuba telah menghubungi dirinya dan meminta maaf tidak bisa hadir lantaran kondisinya yang kurang baik.

"Pak Gubernur sudah hubungi saya. Saya maklumi kondisi Pak Gubernur kurang fit jadi tidak bisa hadir membuka acara,” ujarnya.

Sedangkan Wagub, kata Edi, ada tugas lain sehingga tidak bisa hadir. Bupati bilang, ketidakhadiran kedua petinggi Pemprov tidak menjadi persoalan bagi Pemkab Halteng. Bahkan ia menegaskan sangat berterima kasih sudah dipercayakan sebagai tuan rumah.

"Jangankan Sekprov (yang hadir), kepala bagian juga kami terima dengan senang hati," pungkasnya.

Penulis: Tim
Editor: Sahril A.