Sekilas Info

Hilang Kontak 3 Hari, 6 Warga Morotai Ditemukan Selamat

Warga Morotai yang sempat dinyatakan hilang. (Istimewa)

Tandaseru -- Enam warga Desa Kenari, Kecamatan Morotai Utara, Pulau Morotai, Maluku Utara dikabarkan mengalami kecelakaan laut. Sempat dinyatakan hilang sejak Kamis (10/9), keenamnya ditemukan dalam kondisi selamat, Sabtu (12/9).

Informasi yang dihimpun tandaseru.com, enam warga ini berlayar dari Wasile, Kabupaten Halmahera Timur sejak Kamis menggunakan perahu bermesin. Seharusnya, pada hari yang sama satu keluarga ini sudah tiba di Kenari

“Tapi karena cuaca buruk, hujan dan angin, mereka putar arah masuk ke Desa Jara-Jara, Halmahera Timur,” tutur Camat Morotai Utara Marwan Sidasi saat dihubungi tandaseru.com.

Sayangnya, tak ada informasi untuk pihak keluarga yang cemas menanti di Kenari karena keterbatasan jaringan telekomunikasi. Keenam orang ini pun dinyatakan hilang.

"Mereka hilang sudah tiga hari tapi kemudian ada informasi dari BPBD Morotai itu katanya mereka terdampar di Desa Jara-Jara,” ujar Marwan.

Enam warga ini baru bisa melanjutkan perjalanan pada Sabtu. Sekitar pukul 14.00 WIT mereka akhirnya tiba di Desa Sangowo Kecamatan Morotai Timur.

"Untuk keluarga yang berada di Desa Kenari alhamdulillah saya juga sudah kasih kabar ke mereka, karena mereka sudah ditemukan di Jara-Jara. Tapi keluarga di Kenari sudah koordinasi dan lapor di polisi dan bagian bencana alam," terangnya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pulau Morotai Kusnadi Funae mengatakan, pihaknya sempat melakukan koordinasi dengan Tim SAR untuk melaksakan operasi pencarian.

"Info dari Pak Camat, bahwa orang Kenari nama Apet Bayu bersama keluarga sekarang sudah berlabuh di Sangowo Kecematan Morotai Timur dan singgah di rumah warga sekitar. Sekarang mereka sudah tiba di Desa Kenari. Alhamdulillah, sudah ditemukan dalam keadan selamat," tandasnya.

Penulis: Irjan Rahaguna
Editor: Ika FR