Sekilas Info

Kuker ke Malut, Irjen Kemenkominfo Disambut Wagub

Wagub Malut (kanan) saat menyambut kuker rombongan Kemenkominfo. (Humas Pemprov)

Tandaseru -- Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan kunjungan kerja di Maluku Utara, Rabu (29/7). Kedatangan rombongan ini disambut Wakil Gubernur, M. Al Yasin Ali di Bandara Sultan Babullah Ternate.

Kedatangan rombongan Kemenkominfo ini dalam rangka meninjau proyek fasilitas telekomunikasi dan internet terutama di Kabupaten Pulau Morotai. Pertemuan yang berlangsung di Executive Lounge Bandara Sultan Babullah dihadiri Irjen Kementerian Kominfo Dodi Setiadi, didampingi Staf Ahli Bidang Hukum Hendri Subianto, Dirut Bakhti Anang Latif, Forkopimda Malut, Plt Kadis Kominfo Malut dan Karo Protokol Kerjasama dan Komunikasi Publik Malut, Muliadi Tutupoho.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub mengatakan, kedatangan Kemenkominfo merupakan suatu penghormatan dan penghargaan terhadap kawasan kepulauan yang sangat luas di wilayah Timur Indonesia yang masih membutuhkan perhatian lebih dan komitmen yang kuat untuk memecahkan berbagai permasalahan pembangunan ekonomi regional di kawasan ini.

Wagub juga menjelaskan, pembangunan infrastruktur telekomunikasi telah dikembangkan oleh PT Telkom, PT Telkomsel dan sejumlah perusahaan jasa telekomunikasi lainnya. Namun beberapa tempat di wilayah Malut belum tersedia jaringan telekomunikasi berbasis kabel optik, khususnya di Ibukota Kabupaten Halmahera Timur. Sedangkan untuk Kabupaten Taliabu baru terkoneksikan namun belum optimal layanannya.

"Untuk itu geliat ekonomi Maluku Utara diyakini akan semakin meningkat bila pengembangan program pembangunan infrastruktur telekomunikasi dapat ditingkatkan, antara lain melalui program Palapa Ring yang selanjutnya akan dihubungkan oleh operator lokalnya dalam membangun Fiber Optik ke last miles (desa-desa yang dituju)," tuturnya.

Di hadapan Irjen, Wagub juga menyampaikan aspirasi dari OKP- Cipayung Maluku Utara yang terdiri dari beberapa tuntutan diantaranya memperluas jangkauan jaringan berbasis 4G, menyediakan kuota data seluler yang bisa diakses oleh seluruh mahasiswa dan pelajar di Maluku Utara dan membangun sarana komunikasi di seluruh pelosok Maluku Utara.

"Kita berharap apa yang menjadi kebutuhan sarana telekomunikasi dan internet di Maluku Utara dapat ditindaklanjuti oleh Pak Menteri," ujarnya.

Sementara Direktur Utama Bahkti Kemenkominfo, Anang Latif menyatakan, kunjungan kerja kali untuk meninjau fasilitas telekomunikasi dan internet yang dibangun di Provinsi Maluku Utara tembusannya di Morotai.

Menurutnya, di Morotai ada beberapa proyek yang dilaksanakan oleh Bahkti Kemenkominfo diantaranya Palapa Ring, BTS (base transceiver station), dan USO.

"Selama ini Pemerintah sudah membangun melalui Bahkti sebanyak 163, ke depan ada 347 yang akan kita alokasikan untuk Provinsi Maluku Utara. Untuk Morotai dijadikan sampel yang semula disiapkan untuk dilihat Pak Menteri," tuturnya.

Usai melakukan pertemuan sekitar dua jam, rombongan kemudian melakukan kunjungan ke Kabupaten Pulau Morotai untuk meninjau proyek pembangunan telekomunikasi dan internet yang sementara dilaksanakan.(adv)

Penulis: (Tim)
Editor: Sahril Abdullah