Sekilas Info

Pembelajaran Mulai Normal 2021, Ini Penjelasan Kadis Pendidikan dan Kesehatan Tidore

Ilustrasi anak sekolah. (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Tandaseru -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengizinkan sekolah mulai melakukan pembelajaran tatap muka pada tahun ajaran 2021 mendatang. Namun Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara belum dapat memastikan pembukaan sekolah di Tikep.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tikep Ismail Dukomalamo saat diwawancarai Senin (23/11) menyatakan, pernyataan Kemendikbud tersebut tidak bersifat wajib atau mengharuskan sekolah mulai tatap muka 2021.

Meski begitu, kata dia, Dinas Pendidikan telah melakukan sosialisasi di semua sekolah soal Standar Operasional Prosedur (SOP) pembelajaran di masa transisi menuju new normal.

“Jadi soal imbauan 2021 mulai tatap muka itu sementara ini kami sudah sosialisasikan SOP-nya. Tetapi soal tatap muka itu semua tergantung kesepakatan bersama antara sekolah, yayasan serta orang tua, apakah maunya pembelajaran tetap daring atau luring,” terangnya.

Ismail menegaskan, saat ini Dinas Pendidikan masih menunggu hasil kesepakatan dari tiga pihak tersebut.

“Jadi kalau orang tua tidak sepakat, tentu itu tidak dipaksakan. Karena ini sifatnya tidak memaksa. Intinya sosialisasi ini semua tergantung kesepakatan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tidore Kepulauan dr. Abdullah Maradjabessy menjelaskan, soal status sekolah dalam metode pembelajaran sesuai SOP dikembalikan pada Dinas Pendidikan dan kesepakatan orang tua.

“Jadi semua nanti kita lihat bagaimana apakah orang bersedia atau tidak untuk diberlakukan tatap muka secara normal di 2021,” ungkap Abdullah.

Menurut Abdullah, saat ini Tikep masuk zona oranye penyebaran Covid-19. Ia menambahkan, sejauh ini belum ada perubahan status zona lantaran kesadaran masyarakat menaati protokol kesehatan masih sangat rendah.

“Artinya masih berstatus waspada untuk Covid-19, jadi jangan mengira status Covid-19 Tikep sudah menurun. Untuk itu, saya mengimbau agar sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka penting diimbau orang tua siapkan masker buat anak, cuci tangan, serta jaga jarak. Intinya protokol kesehatan masih penting untuk dipatuhi,” pungkasnya.

Penulis: Tim
Editor: Sahril Abdullah