Sekilas Info

Abdullah Adam: Pilkades Halmahera Selatan Sudah Sesuai Prosedur

Abdullah Adam. (Istimewa)

Tandaseru -- Polemik soal sengketa Pilkades di Halmahera Selatan yang beberapa hari ini ramai diperbincangkan di beberapa media mengundang perhatian khusus Direktur Forum Masyarakat Madani (FMM) yang juga Ketua Bidang Studi dan Advokasi LBH FOKUS Maluku Utara Abdullah Adam.

Menurut Alud, sapaan Abdullah Adam, proses penyelesaian sengketa Pilkades Halsel sudah sesuai prosedur hukum. Namun beberapa pengamat dan aktivis kurang memahami kondisi sesungguhnya proses penyelesaian sengketa Pilkades di Halsel.

Alud yang juga praktisi hukum ini melihat kondisi pelaksanaan Pilkades secara faktual prosesnya normal-normal saja sesuai prosedur perundang-undangan yang ada.

"Namun beberapa orang yang melihat dari kacamata parsial dan bahkan pendekatan politis jadi terkesan ada masalah besar. Saya kira tahapan demi tahapan terlaksana dengan baik dan itu mengikuti prosedur," ujarnya kepada tandaseru.com, Selasa (24/1).

Ia memaparkan, semua masyarakat di Halsel yang menyelenggarakan Pilkades tahu bahwa Pilkades dilaksanakan secara normal walaupun ada beberapa tindakan yang dianggap curang dalam proses pemungutan suara lalu digugat ke Tim Penyelesaian Sengketa sebagai lembaga yang secara konstitusional dibentuk Bupati.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Tim
Editor: Ika Fuji Rahayu