Sekilas Info

Bupati Taliabu Jadi Irup Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila

Upacara Kesaktian Pancasila di Pulau Taliabu. (Dok. Diskominfo)

Tandaseru -- Bupati Pulau Taliabu, Maluku Utara, Aliong Mus menjadi inspektur upacara (irup) peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Bupati Pulau Taliabu, Jumat (1/10).

Kegiatan ini dalam rangka mengenang terselamatkannya Pancasila dari beberapa ancaman pemberontakan yang mengganggu kedaulatan Republik Indonesia.

Pelaksanaan upacara diikuti Wakil Bupati Pulau Taliabu Ramli, Sekretaris Daerah A. Salim Ganiru, pejabat eselon II dan III seluruh jajaran OPD Kabupaten Pulau Taliabu, aparatur sipil negara yang terdiri atas PNS dan tenaga kontrak di lingkup Pemkab Pulau Taliabu Kabupaten Pulau Taliabu.

Rangkaian upacara diawali dengan laporan komandan upacara Sandi Jansen Soplanit kepada inspektur upacara. Dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila, pembacaan naskah Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 Adimas Anshar Pamungkas, dan pembacaan ikrar Kesetiaan Pancasila yang dibacakan oleh Mergi Firdaus.

Meskipun acara berlangsung singkat dan sederhana namun tetap khidmat dan tertib. Terlebih saat mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Bupati selaku inspektur upacara.

Bupati Aliong sekadar mengingatkan kembali bahwa ditetapkannya Hari Kesaktian Pancasila setelah adanya upaya pemberontakan agar ideologi diubah menjadi komunis ditandai dengan gerakan radikal G30S/PKI.

"Dan Bapak Bangsa/Founding Fathers Muhammad Yamin, Soepomo dan Soekarno telah menentukan Pancasila adalah dasar negara falsafah berbangsa dan bernegara dalam sidang PPKI tanggal 20 tahun 1945 yang tertuang dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945," tuturnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Fardanan Fahri
Editor: Sahril A.