Sekilas Info

STQ Tingkat Kabupaten Halmahera Barat Resmi Dihelat

Plh Bupati Halmahera Barat, Syahril Abd Radjak saat membuka STQ Halbar. (Istimewa)

Tandaseru -- Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, bersama Kantor Kementerian Agama Halbar dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) menggelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat kabupaten di Desa Akelamo Cinga-cinga, Kecamatan Jailolo Timur, Senin (22/2) malam.

Kegiatan yang diawali dengan acara pembukaan di lapangan Desa Akelamo Cinga-cinga tersebut berlangsung meriah dan disambut antusias masyarakat setempat.

Ketua Panitia Syamsuri Madjid menjelaskan, STQ kali ini adalah yang ke-26, dengan dua cabang mata lomba yaitu Tilawatil Quran untuk golongan anak dan dewasa serta cabang Hifdzil Quran dengan berbagai kategori juz yang diperlombakan.

Seremoni pembukaan STQ Halmahera Barat. (Istimewa)

“Selain itu STQ ke-26 ini diikuti oleh 8 kecamatan dengan jumlah peserta kurang lebih 70 orang serta 9 Dewan Hakim yang dibantu oleh dua panitera. Diharapkan dengan pelaksanaan STQ ini dapat melahirkan qori dan qori’ah yang baik dalam membaca dan menghafal Alquran,” tutur Syamsuri yang juga Kepala Dinas Sosial Halbar tersebut.

Sementara Plh Bupati Halbar, Syahril Abd Radjak yang juga Ketua LPTQ Halbar saat membuka STQ menyampaikan, pelaksanaan STQ ke-26 tingkat Kabupaten Halmahera Barat menjadi momentum penting dan memiliki peran yang sangat strategis, baik dalam fungsinya untuk menjabarkan, mengembangkan serta mengimplementasikan pokok-pokok ajaran keagamaan yang fundamental dan hakiki yakni kitab suci Alquran.

Syahril menambahkan, STQ yang menjadi salah satu kegiatan LPTQ Halbar diharapkan akan lebih pro-aktif melakukan upaya menjaga kemurnian, kesucian dan kemuliaan kitab suci Alquran.

“Jangan sekali-kali merasa bangga dan puas karena melihat pengembangan syiar Alquran yang ditampikan dalam setiap penyelenggaraan STQ, akan tetapi ke depan kita harus lebih memperhatikan implementasi dan pengalaman ajaran Alquran itu dalam kehidupan sehari hari,” pesannya.

Seremoni pembukaan STQ Halmahera Barat. (Istimewa)

"Jadi diharapkan bagi bapak-ibu yang memiliki anak di usia normal belajar Alquran agar lebih menggenjot anak-anak agar terus membaca dan menghafal Alquran lebih intens lagi. Saat masuk waktu Magrib usahakan anak tidak lagi berkeliaran di jalanan tetapi harus sudah ada di masjid untuk salat Magrib, dan pada rentang waktu antara Magrib dan Isya manfaatkan untuk mengajarkan anak-anak membaca Alquran,” jelas Syahril.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan tersebut adalah Kakankemenag Halbar Hasbullah Tahir, Pengurus LPTQ Halbar, mewakili Forkopimda, unsur Forkopimcam, Perangkat SKPD Halbar, Camat Jailolo Timur Bobby Djumati, tokoh agama serta tokoh masyarakat se-Kecamatan Jailolo Timur.

Penulis: Mardi Hamid
Editor: Ika FR