Sekilas Info

Tak Lama Lagi Morotai Punya Gedung RSUD Baru

Pembangunan gedung RSUD Morotai. (Tandaseru/Irjan)

Tandaseru -- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara tahun 2020 ini menggelontorkan anggaran puluhan miliar untuk pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Morotai. Anggaran tersebut berasal dari APBD 2020.

Amatan tandaseru.com, Rabu (14/10) RSUD Morotai yang terletak di Desa Dehegila, Kecamatan Morotai Selatan tersebut dalam proses pengerjaan. Progres pembangunannya sudah sekitar 60 persen.

Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) Morotai Jain A. Kadir saat dikonfirmasi mengatakan, total proyek pembangunan RSUD Morotai memakan anggaran sebesar Rp 34 miliar. Rinciannya, untuk gedung rawat jalan Rp 7,9 miliar, gedung rawat inap kelas I, II dan III sebesar Rp 16,5 miliar, gedung radiologi Rp 4,3 miliar, dan gedung Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) Rp 4 miliar.

Pembangunan gedung RSUD Morotai. (Tandaseru/Irjan)

"Semua bangunan RSUD ini dibangun tahun ini," akunya.

Jain bilang, untuk proyek gedung rawat jalan dikerjakan oleh CV Pelangi Nusantara, gedung rawat Inap dikerjakan PT Mayagi Mandala Putra, gedung radiologi dikerjakan CV Gamalia dan satu gedungnya lagi oleh CV Putra Andalan Sejati.

"Berdasarkan aturan dari Kementerian PU di tahun 2021, seluruh proyek yang bernilai di atas dari Rp 2,5 iliar tidak lagi ditenderkan CV, tapi oleh PT," tandasnya.

Penulis: Irjan Rahaguna
Editor: Sahril A.