Sekilas Info

Pemkab Morotai Sediakan Puluhan Ribu Hektare Lahan untuk Cadangan Pangan

Ilustrasi tanaman ubi kayu. (Istimewa)

Tandaseru -- Instruksi Presiden Joko Widodo agar pemerintah daerah menggalakkan swasembada pangan di tengah pandemi Covid-19 mulai ditindaklanjuti Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara. Pemkab menyiapkan puluhan ribu hektare lahan untuk ditanami tanaman pangan lokal.

Kepala Dinas Pertanian Pulau Morotai Anwar Husen ketika dikonfirmasi mengungkapkan, Pemkab telah melakukan survei di enam kecamatan di wilayah Kabupaten Pulau Morotai.

"Lahan yang dipersiapkan kurang lebih 42 ribu hektare dan lahannya bakal ditanam dengan tanaman ubi kayu dan ubi jalar," katanya, Rabu (16/9).

Anwar bilang, usai sediakan lahan, selanjutnya tim survei Badan Cadangan Logistik Strategis yang dipimpin Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan turun langsung melakukan survei lapangan.

"Kalau dari Kementerian Pertanian kita pasti sudah ada gambaran, tapi karena ini masuk di kementerian lain, jadi sistemnya kita belum tahu," tuturnya.

Menurut Anwar, program ini bukan hanya di Morotai saja, tapi di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Anggarannya sendiri langsung dari pemerintah pusat.

"Jadi sistemnya mulai dari pengelolaan sampai di pasar dikelola langsung oleh Badan Cadangan Pangan Logistik Stategis. Kita hanya siapkan lahannya saja," tandasnya.

Penulis: Irjan Rahaguna
Editor: Sahril Abdullah