Sekilas Info

5 Personel Polda Malut Ikut Misi Perdamaian PBB di Afrika

Lima personel Polda Malut yang ikut Misi Perdamaian PBB. (Istimewa)

Tandaseru -- Lima personel Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara lolos masuk Satuan Tugas (Satgas) Garuda Bhayangkara Formed Police Unit (FPU) II tahun akademik 2020. Mereka akan ditugaskan di Afrika Tengah.

FPU Indonesia sendiri adalah satuan tugas Polri yang secara administratif pembinaan berada di bawah Biro Misi Internasional (Romisinter) Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri. Namun secara operasional, FPU Indonesia berkedudukan di bawah misi gabungan Uni Afrika-PBB di Darfur (AU-UN Hybrid Mission In Darfur/UNAMID).

Polri setiap tahunnya mengirimkan delegasinya untuk menjalankan Misi Perdamaian. Jumat (4/9) lalu, bertempat di Gedung Hamkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen Pol Johni memimpin langsung apel pemberangkatan Kontingen Satgas Garuda Bhayangkara (Garbha) II FPU 12 UNAMID dan Satgas Garbha FPU II MINUSCA.

Tahun ini, Polri mengirimkan personelnya sebanyak 280 orang, dan lima di antaranya berasal dari Polda Maluku Utara. Mereka adalah Bripka Eka Putra DJ (Satbrimob Polda), Brigadir Suhardi M. Peng (Satbrimob Polda), Brigadir Wawan Supriyanto (Ditpolairud Polda), dan Briptu Moh Mulyadi Kubangun (Biro SDM Polda), serta satu personel Satgas Garuda Bhayangkara II FPU 12 United Nation and African Union Mission in Darfur (UNAMID) Brigadir Risdan Gafur (Satbrimob Polda).

Kabid Humas Polda Maluku Utara AKBP Adip Rojikan menuturkan, ini merupakan prestasi bagi Polda Maluku Utara yang dapat mengirimkan lima wakilnya dalam Misi Perdamaian PBB di Afrika.

"Pasukan perdamaian tersebut akan diberangkatkan ke Darfur, Sudan, dan Bangui serta Republik Afrika Tengah yang merupakan tempat tugas dalam satu tahun mendatang, terhitung sejak berangkat dan diperkirakan sampai dengan bulan September 2021 tahun depan," pungkasnya.