Sekilas Info

Ratusan Calon Pengantin di Halmahera Tengah Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan calon pengantin di Halmahera Tengah. (Istimewa)

Tandaseru -- Perwakilan BKKBN Maluku Utara di dampingi Tim Ditlinlap Lini Lapangan BKKBN melaksanakan kegiatan orientasi pendampingan tim pendamping keluarga (TPK) di Gedung Mardelia Desa Nurweda, Kecamatan Weda, Halmahera Tengah, Rabu (10/7/2024).

Kegiatan ini dibuka Ketua Lini Lapangan BKKBN Maluku Utara Djana Eko Prayitno mewakili Kepala Perwakilan BKKBN Maluku Utara.

"Kegiatan ini sangat penting mengingat pemerintah sekarang lagi gencar untuk menurunkan angka stunting yang targetnya 14% dengan membentuk Tim Pendamping Keluarga dengan melakukan pendampingan kepada keluarga yang berisiko stunting," tuturnya.

"Calon pengantin (catin) ini menjadi sasaran intervensi sensitif dan spesifik dengan melakukan pemeriksaan kesehatan reproduksi dan edukasi gizi sejak dini. Kita akan melihat indeks massa tubuh dan lingkar lengan atas serta kadar Hb untuk mengetahui kondisi anemia. Bagi catin yang mengalami anemia akan kita berikan tablet tambah darah," sambung Eko.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dan KB Halmahera Tengah Mohd Taher Mujiddin menyambut baik kegiatan ini. Ratusan catin hadir untuk memeriksakan kesehatannya.

"Kegiatan ini sangat penting dengan tujuan memeriksa kesehatan para catin dan meningkatkan data catin ke dalam aplikasi Elsimil," kata Taher.

Penulis: Ika Fuji Rahayu
Editor: Ika Fuji Rahayu