Sekilas Info

Remaja Sula dan Halmahera Selatan Jadi Jawara Duta GenRe Malut 2024

Grand final pemilihan Duta GenRe Maluku Utara 2024. (Istimewa)

Tandaseru -- 10 finalis atau 5 pasang Duta Generasi Berencana (GenRe) beradu gagasan dalam Grand Final Duta GenRe Provinsi Maluku Utara 2024. Mereka diharapkan menjadi agent of change di kalangan teman sebayanya agar menyebarkan informasi dan pesan positif terhadap para remaja.

Grand Final Duta GenRe digelar di Royal Resto Hall Function Ternate, Sabtu (4/5/2024) malam. 10 finalis berasal dari berbagai daerah di Maluku Utara yaitu Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Halmahera Selatan dan Kabupaten Kepulauan Sula.

Pada kesempatan itu, para finalis diberikan waktu 30 detik menyampaikan gagasan dan menjawab pertanyaan yang diajukan juri mengenai beragam persoalan yang dihadapi remaja saat ini. Jawaban mereka akan menjadi nilai terakhir penentu juara Duta GenRe pada tahun 2024 ini.

Plt Gubernur Maluku Utara yang diwakli Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Fachruddin Tukuboya saat membuka Grand Final Duta GenRe menyampaikan usia remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Pada masa ini beberapa perubahan terjadi, baik secara fisik, psikologis maupun sosial.

Supaya masa peralihan ini lebih mengarah pada kegiatan positif maka para remaja harus didukung dengan kreativitas. Oleh karena itu ia menilai kegiatan duta GenRe ini memberikan kontribusi dan bermanfaat bagi perkembangan para remaja di Provinsi Maluku Utara.

“Saya berharap agar yang terpilih menjadi Duta GenRe dapat membawa manfaat bagi para remaja di Maluku Utara tidak hanya sekadar menjadi duta saja, tapi mempunyai nilai penting sebagai wujud tanggungjawab untuk menciptakan remaja yang kreatif, inovatif dan berakhlakul karimah, sehingga jauh dari nilai-nilai negatif serta menjadi role model untuk remaja lain di sekitarnya,” tambah Fachruddin.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Sahril Abdullah
Editor: Sahril Abdullah