Sekilas Info

Tangkal Hoaks, AMSI Gelar Pelatihan Cek Fakta untuk Jurnalis Indonesia Timur

Pelatihan Cek Fakta yang digelar AMSI di Kota Makassar. (Iksan Muhammad)

Tandaseru -- Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dengan dukungan penuh oleh Google News Initiative (GNI) menggelar pelatihan jurnalisme periksa fakta (Cek Fakta). Pelatihan ini sebagai bagian dari peran AMSI mengusung program Anti Hoaks pada penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilu 2024.

Pelatihan yang digelar di Claro Hotel Makassar, Selasa-Kamis (14-16 November 2023) itu diikuti 30 jurnalis dan redaktur dari media anggota AMSI se-Indonesia Timur. Kegiatan dibuka Wakil Ketua Umum AMSI Upi Asmaradhana.

Ketua AMSI Sulawesi Selatan Herwin Bahar mengatakan, kegiatan pelatihan cek fakta ini untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang bagaimana mengantisipasi dan juga mendeteksi informasi-informasi hoaks yang ada di masyarakat.

“Termasuk di masa politik, akan banyak muncul berita hoaks atau misinformasi yang bisa mengganggu keamanan dan ketertiban di masyarakat," ucapnya.

Pelatihan cek fakta yang mengangkat tema “Melawan Disinformasi dan Misinformasi Jelang Pemilu 2024” ini menghadirkan pemeriksa fakta dari AMSI yakni Zainal Abidin dan Ronny Buol. Di hari terakhir, Direktur Executive AMSI Adi Prasetya akan hadir memberi pelatihan tentang sosial media.

Di tempat yang sama, AMSI juga menggelar pelatihan Green Growth Journalism atas dukungan BBC Media Action yang diikuti puluhan jurnalis, komunitas dan influencer.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Ika Fuji Rahayu
Editor: Ika Fuji Rahayu