Sekilas Info

Gubernur Disarankan Undur Diri Jika Tak Mampu Cari Solusi TTP Nakes

Abdullah Adam. (Istimewa)

Tandaseru -- Problem tenaga kesehatan RSUD Chasan Boesoirie Ternate yang sampai detik ini belum ada solusi dari pemerintah daerah merupakan satu bukti gagalnya pemda di bawah kepemimpinan Gubernur Abdul Gani Kasuba.

Hal ini diungkapkan Direktur Forum Masyarakat Madani Maluku Utara (FMM) Abdullah Adam. Ia mengatakan, persoalan tidak dibayarnya TTP nakes selama 15 bulan merupakan satu pelanggaran berat terhadap konstitusi.

"Jelas dalam konstitusi menyebutkan bahwa negara menjamin adanya kesehatan dan keselamatan terhdap warga negara. Kasus nakes ini merupakan bukti kuat bahwa pemerintah daerah gagal menjamin adanya kesehatan masyarakat di daerah ini dengan tidak membayar TTP para pekerja yang merupakan tulang punggung RSUD," ujarnya dalam siaran pers, Senin (23/1).

Alud, panggilan akrab Abdullah, membandingkan di beberapa negara, jika terjadi kasus seperti ini pemimpinnya merasa malu dan bahkan mengundurkan diri karena menganggap dirinya tidak mampu bertanggung jawab atas amanat rakyat yang diembannya.

"Barang sadiki ini saja kong tara boleh urus mending undur diri saja," tegas Alud.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Tim
Editor: Sahril Abdullah