Sekilas Info

Smartphone Film Festival Makin Cakap Digital Digelar di Maluku Utara

Sofyan Ansar. (Istimewa)

Tandaseru -- Dunia perfilman semakin menjadi tren yang digemari komunitas kreatif di Maluku Utara sejak beberapa tahun belakangan ini. Tak tanggung-tanggung, para sineas muda yang memiliki bakat dan minat untuk terlibat dalam dunia film ini tak hanya sebatas hobi melainkan pula sebagai tujuan orientasi dan pilihan rasional atas profesi yang digeluti mereka.

Dunia film telah dipahami mereka sebagai industri kreatif yang mampu membawa para pegiatnya berkiprah dan berprestasi tidak saja melalui perhelatan lomba dan ajang bergengsi di tingkat lokal namun juga di tingkat nasional maupun internasional.

Beberapa jenis lomba baik yang diselenggarakan lembaga pemerintah seperti kementerian maupun lembaga swasta mereka ikuti dan mampu meraih penghargaan sebagai pemenang.

Mardania Gazali. (Istimewa)

Hal ini memicu semangat terus berkarya dan berprestasi sekaligus menjadi solusi atas upaya menekan angka dan jumlah pengangguran. Tanpa disadari, dunia perfilman telah membuka lapangan kerja yang memberi ruang ekpresi bagi para pelaku usaha di bidang ini sekaligus ikut berkontribusi meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan life skill (keterampilan hidup) yang menjanjikan bagi masa depan kalangan komunitas kreatif terlebih di era digital dan transformasi teknologi informasi yang berkembang saat ini.

Seiring dengan kemajuan dunia digital tersebut maka harus diikuti pula dengan kemampuan literasi digital yang meliputi empat pilar di dalamnya yakni: cakap digital, etika digital, budaya digital dan keamanan digital.

Dalam kaitan dengan literasi digital inilah maka project management literasi digital Maluku Utara menyelenggarakan Smartphone Film Festival yang telah di-launching pada Sabtu, 27 Agustus 2022 lalu di Taman Film Benteng Oranje Ternate dengan rangkaian acara lainnya seperti talkshow makin cakap digital serta pemutaran perdana film berjudul ”Tentang Cinta” karya Kie Raha Project.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: Tim
Editor: Sahril Abdullah