Sekilas Info

480 Orang di Maluku Utara Lulus Seleksi Bintara dan Tamtama Polri

Para calon bintara dan tamtama di Maluku Utara bersiap mengikuti pendidikan. (Istimewa)

Tandaseru -- 480 putra-putri Maluku Utara dinyatakan lulus dalam seleksi calon bintara dan tamtama Polri tahun ini. Kelulusan tersebut diumumkan Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kepolisian Daerah Maluku Utara di Aula Polres Ternate, Kamis (22/7) Kemarin.

Wakapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Eko Para Setyo Siswanto mengatakan, dalam proses rekrutmen ini seluruh panitia daerah semaksimal mungkin menerapkan One Day Service.

Di mana setiap tahapan dilaksanakan dalam waktu 1 hari, baik pemeriksaan, penilaian/koreksi dan kelulusan pengumuman.

“Ini dilaksanakan guna meniadakan adanya upaya KKN serta penyimpangan lainnya. Tahun ini sebanyak 480 putra-putri terbaik Maluku Utara dinyatakan lulus memenuhi syarat untuk mengikuti pendidikan pembentukan bintara dan tamtama Polri tahun 2021/2022,” jelas Eko, Sabtu (24/7).

Semntara itu, Kabid Humas Polda Maluku Utara Kombes Pol Adip Rojikan menjelaskan, 480 orang tersebut terdiri atas 462 bintara dan 18 tamtama.

“Untuk lulusan bintara seleksi tahun ini dibagi menjadi 2 gelombang pendidikan, di mana gelombang pertama sebanyak 248 bintara akan melaksanakan pendidikan pada 26 Juli mendatang, sementara gelombang kedua sebanyak 212 bintara akan masuk pendidikan di awal tahun 2022,” terangnya.

Dari 462 peserta seleksi bintara yang lulus terdapat 13 calon bintara Polwan. Sementara untuk tamtama yang dinyatakan lulus yakni tamtama Brimob sejumlah 12 orang dan tamtama Polairud 6 orang.

“Para peserta yang dinyatakan lulus tersebut akan menjalani pendidikan di lokasi yang berbeda, di mana untuk bintara Polri dilaksanakan pendidikan di SPN Polda Maluku Utara, untuk bintara Polwan di Sepolwan, bintara dan tamtama Brimob di Pusdik Watukosek dan tamtama Polairud di Pusdik Polairud,” pungkas Adip.

Penulis: Tim
Editor: Ika FR