Sekilas Info

Daftar Pemilih Tetap TPS Khusus PT NHM Belum Klir

Ilustrasi daftar pemilih tetap. (Istimewa)

Tandaseru -- Pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, bakal digelar 28 April mendatang.

Meski begitu, hingga saat ini daftar pemilih tetap (DPT) di tempat pemungutan suara (TPS) khusus PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) belum dinyatakan klir.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malut Divisi Teknis, Buchari Mahmud mengungkapkan, data DPT empat TPS dinyatakan telah klir. Keempat TPS tersebut adalah TPS 07 Desa Rawajaya Kecamatan Tobelo, TPS 02 Desa Tetewang Kecamatan Kao Teluk, serta TPS 01 dan 02 Desa Supu Kecamatan Loloda.

Berdasarkan data KPU Halut, TPS 07 Desa Rawajaya memiliki 338 jiwa pilih, TPS 02 Desa Tetewang 188 jiwa pilih, serta TPS 01 dan 02 Desa Supu masing-masing memiliki 442 dan 483 jiwa pilih.

Sedangkan TPS khusus NHM di mana akan dilakukan pemungutan suara susulan belum kelar divalidasi.

“Sumber data awal kita yakni sebanyak 632 jiwa pilih, tapi bisa jadi ada penambahan karena pengakuan pihak NHM dari hasil rapat yang dilakukan tadi pada saat itu ada sebagian lagi dikarantina. Jadi kita harus koordinasi lagi soal data ini," ungkap Buchari, Senin (5/4).

Setelah mengantongi data dari NHM, sambungnya, KPU Halut bakal melakukan pencermatan mana karyawan yang berhak menyalurkan hak pilihnya dan mana yang tidak berhak.

“Yang pasti yang sudah masuk dalam DPT sudah memenuhi syarat, namun yang tidak masuk dalam DPT maka harus dikroscek kembali memenuhi syarat atau tidak. Dengan ketentuan bahwa dia betul-betul karyawan yang mempunyai KTP di Halut,” tuturnya.

"Jika yang sudah menggunakan KTP saat pemilihan, maka kita juga harus memastikan bahwa alamat domisilinya di mana, dan kita memastikan yang bersangkutan memberikan hak pilihnya atau tidak pada tanggal 9 Desember lalu," sambung Buchari.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Yunita Kaunar
Editor: Ika FR