Sekilas Info

Sidak, Wabup Halmahera Barat Sebut Fasilitas RSUD dan Disdukcapil Perlu Ditingkatkan

Wakil Bupati Halmahera Barat, Djufri Muhamad saat sidak di RSUD Jailolo. (Tandaseru/Mardi Hamid)

Tandaseru -- Dua organisasi pimpinan daerah (OPD) disidak Wakil Bupati Halmahera Barat, Maluku Utara, Djufri Muhamad, Jumat (5/3).

Sidak yang didampingi Asisten I Vence Muluwere itu dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jailolo.

Wakil Bupati di sela-sela sidak menyatakan, sidak hari ini diprioritaskan untuk dua instansi tersebut.

Wakil Bupati Halmahera Barat, Djufri Muhamad saat sidak di Disdukcapil (Tandaseru/Mardi Hamid)

"Karena dua instansi inilah yang saya lihat banyak pelayanannya terhadap masyarakat," ungkap Djufri kepada tandaseru.com.

Orang nomor dua di lingkup Pemda Halbar ini menegaskan, Dukcapil nantinya harus membenahi ruangan, kinerja ASN, sistem dan juga fasilitas, karena ini untuk pelayanan masyarakat.

"Ini akan menjadi bahan evaluasi penting. Saya akan mengambil langkah itu agar masyarakat juga tidak susah saat pengurusan AKTA kelahiran, kematian, Kartu Keluarga dan KTP," ujarnya.

Sementara ada beberapa ruangan yang ada di RSUD belum memadai. Misalnya ruang bedah, ruang inkubator, ruangan isolasi, ruang ICU, ruang kebidanan, ruang UGD serta ruang radiologi yang dinilai masih kurang memadai dalam hal kenyamanan untuk pelayanan pasien.

"Untuk itu di masa kepemimpinan Bupati baru James Uang-Djufri Muhamad ini, kami ingin ketenagaan kerja yang ada di RSUD Jailolo agar tetapkan tingkat pelayanan terhadap pasien yang ada di sini," ucapnya.

Ia menambahkan, dirinya akan memanggil Sekretaris Daerah dan Direktur RSUD agar segera mencairkan gaji honorer petugas rumah sakit dari November hingga Desember 2020 yang belum terbayar.

"Lalu soal kebijakan obat dan makanan itu kita serahkan langsung kepada pihak rumah sakit. Untuk stok-stok obat yang masih kurang tentunya itu peran dari direktur, kepala ruangan serta apotik. Kemudian pelayanan BPJS saya minta layanilah dengan mengedepankan faktor kemanusiaan," pungkasnya.

Penulis: Mardi Hamid
Editor: Sahril A.