Sekilas Info

DAK Pendidikan Taliabu Dua Tahun Berturut-turut Rp 40 Miliar, Tertinggi di Malut

Kasubag Perencanaan Dinas Pendidikan Pulau Taliabu Muhammad Natsir Rery. (Istimewa)

Tandaseru -- Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara dari tahun ke tahun terus mendapat peningkatan transfer Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan pada masa pemerintahan Bupati Aliong Mus dan Wakil Bupati Ramli. Hal ini diungkapkan Kepala Sub Bagian (Kasubag) Perencanaan Dinas Pendidikan Pulau Taliabu Muhammad Natsir Rery.

Natsir menuturkan tahun 2020 ini Diknas Pulau Taliabu kecipratan DAK sebesar Rp 43 miliar lebih yang diperioritaskan untuk 118 kegiatan pembangunan sekolah. Angka ini, kata dia, tertinggi di seluruh Dinas Pendidikan kabupaten/kota yang ada di Maluku Utara yang rata-ratanya hanya berkisar Rp 20 miliar lebih.

"Anggaran tahun ini diprioritaskan untuk rehab jamban, rehab kantor, pembangunan ruang kelas, dan pembangunan kantor tingkat SMP dan SD," jabarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (14/9).

Sementara untuk alokasi DAK tahun 2021 mendatang, telah diusulkan dan disepakati oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebesar Rp 47 miliar. Terhitung sejak 2020 hingga 2021 mendatang, angka alokasi DAK di Taliabu meningkat tajam dibandingkan tahun 2019 yang hanya berkisar Rp 33 miliar.

"Di tahun 2019 lalu Dinas Pendidikan Kabupaten Pulau Taliabu kecipratan DAK sebesar Rp 33 miliar lebih yang diprioritaskan lebih dari 100 kegiatan, dan 2020 sampai 2021 meningkat di atas Rp 40 miliar," terangnya.

Anggaran tersebut, sambungnya, sudah tersalur 25 persen ke seluruh sekolah penerima DAK tahun 2020 dengan sistem swakelola. Tahap selanjutnya akan dicairkan berdasarkan perkembangan pekerjaan.

"Untuk pekerjaannya kejar target, jadi yang realisasi pertama 25 persen. Nanti tahap selanjutnya kalau pekerjaan sesuai fisik tahap pertama mencapai target baru kita realisasikan tahap kedua dan tahap ketiga," pungkasnya.

Penulis: Nan F.
Editor: Sahril Abdullah