Sekilas Info

Konsisten Terangi Negeri, 198 Rumah Tangga Kurang Mampu Terlistriki Berkat Program LUTD PLN MMU

Penyaluran listrik bagi rumah tangga kurang mampu. (Istimewa)

Tandaseru -- PT PLN (Persero) Unit Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) terus menunjukkan komitmennya dalam menyalurkan energi listrik yang andal dan aman.

Penyaluran listrik ini turut memperhatikan masyarakat yang kurang mampu agar mendapatkan akses listrik secara gratis. Hal ini ditunjukan dengan data terbaru PLN UIW MMU, yang mana hingga pertengahan April 2024 ini, sebanyak 198 rumah tangga kurang mampu yang tersebar di Maluku dan Maluku Utara telah menikmati listrik berdaya 450 VA dan 900 VA.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menyampaikan, bantuan penyambungan listrik gratis ini diberikan melalui program Light Up The Dream (LUTD).

"Upaya kami untuk melistriki hingga ke pelosok, termasuk masyarakat pra sejahtera terus kami gencarkan. Alhamdulillah, masih di awal 2024, secara akumulasi 198 rumah tangga yang diberikan penyambungan listrik gratis," ujar Awat.

Adapun program ini, lanjut Awat, diberikan untuk sekaligus mendukung program pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Sehingga Awat berharap, masyarakat penerima bantuan sambung listrik gratis ini dapat memanfaatkannya tak hanya sebagai penerang, melainkan juga kebutuhan pergerakan perekonomian sesuai dengan potensi desa atau daerah masing-masing.

"Tentu saja program ini menyasar masyarakat yang membutuhkan. Namun, kami harap juga ketika listrik sudah tersambung, masyarakat dapat menggunakannya untuk meningkatkan pendapatan mereka. Misalnya, di daerah pesisir dengan potensi perikanan dan kelautan, dapat memanfaatkan akses listrik untuk cold storage, atau pelaku UMKM yang baru mau menjajaki berbagai jenis usaha, bisa memanfaatkannya dengan maksimal," terang Awat.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Sahril Abdullah
Editor: Sahril Abdullah