Sekilas Info

Cetak Generasi Unggul Ternate, MHB-GAS Fokus Tiga Hal Ini

Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate, M. Hasan Bay dan M. Asghar Saleh. (Istimewa)

Tandaseru -- Pembangunan pendidikan di Kota Ternate, Maluku Utara akan sejalan dengan proyeksi kebutuhan pendidikan abad 21. Dengan begitu, anak-anak yang sedang duduk di bangku sekolah saat ini akan mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan tuntutan di masa depan.

Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota M. Hasan Bay dan Moh. Asghar Saleh akan fokus pada tiga hal yaitu pendidikan karakter, kompetensi, dan literasi.

Hal ini disampaikan M. Hasan Bay dan Moh. Asghar Saleh (MHB-GAS) dalam beberapa momen kampanyen di Pilwako Kota Ternate.

Hasan Bay menjelaskan, pengembangan pendidikan di Kota Ternate akan fokus pada pendidikan karakter, pendidikan kompetensi, dan pendidikan literasi.

“Kita harus siapkan pendidikan anak-anak kita yang sesuai dengan tuntutan masa depan. Karena persaingan di masa depan membutuhkan tiga hal di atas. Maka kami akan rangkul seluruh insan pendidikan di Ternate untuk mewujudkan ini,” terang Hasan.

Moh. Asghar Saleh mengatakan, pendidikan karakter terdiri dari karakter moral dan karakter kinerja. Karakter moral ini seperti integritas, takwa, jujur, sopan santun, tatakrama, dan lain-lain. Sedangkan karakter kinerja adalah kerja keras, ulet, tangguh, tak mudah menyerah, kerja tuntas, dan rajin.

“Kita tidak ingin anak-anak kita memiliki karakter kerja keras, tak mudah menyerah, tapi sisi lain dia tidak jujur dan tidak berintegritas. Maka kita harus mendorong keduanya,” tutur Asghar.

Pendidikan kompetensi yang harus diberikan kepada anak-anak, menurut Asghar, terdiri dari empat yaitu komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, dan kreativitas.

"Empat kompetensi ini harus dikembangkan di bangku sekolah. Para guru perlu memperhatikan empat hal ini. Guru harus memberikan empat hal ini kepada anak-anak kita di sekolah. Sehingga di masa depan mereka dapat menggunakan kompetensi ini untuk bekerja dan bersaing meraih mimpinya,” ujar Asghar Saleh.

Asghar Saleh menambahkan, pengetahuan literasi bagi anak-anak sangat penting. Dimana literasi ini dikategorikan dalam lima jenis yaitu literasi baca tulis, sains, finansial, digital, dan budaya dan kewargaan.

“Anak-anak kita setelah tahu menulis dan membaca perlu diarahkan untuk memahami literasi sains, literasi finansial, literasi digital, literasi budaya dan kewargaan. Ini akan menjadi bekal mereka ketika menghadapi tantangan pendidikan abad-21 ini,” tandasnya.

Penulis: Tim
Editor: Ika FR