Sekilas Info

Abaikan Physical Distancing, Polisi Bubarkan Pengunjung Big Brown Ternate

Polisi membubarkan pengunjung Cafe Big Brown karena mengabaikan jaga jarak. (Randi)

Tandaseru -- Personel Polres Ternate membubarkan pengunjung Cafe Big Brown Ternate, Minggu (19/7) dini hari. Pasalnya, kondisi cafe yang overcrowded membuat physical distancing sulit diterapkan.

Pantauan tandaseru.com, para pengunjung cafe duduk tanpa menjaga jarak. Ini bertentangan dengan Peraturan Wali Kota Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penggunaan Masker dan Pembatasan Jarak Fisik dalam Pencegahan Penyebaran Wabah Penyakit Menular dan Covid-19 di Kota Ternate. Tiap Sabtu malam, cafe yang terletak di areal Ternate Wonder Island itu memang diketahui selalu dipenuhi pengunjung.

Selain itu, waktu beroperasi cafe seharusnya hanya sampai pukul 00.00 WIT. Namun hingga pukul 00.30, pengunjung masih membeludak.

Kasat Sabhara Polres Ternate AKP Hefrizon menyatakan, pihaknya mendapat informasi soal banyaknya pengunjung yang tidak menerapkan Perwali di Cafe Big Brown. Setelah dicek, ternyata benar.

Kasat Sabhara Polres Ternate AKP Hefrizon saat berbicara dengan GM Big Brown, Dedi Hermawan. (Tandaseru/Rikam)

"Pengunjung yang datang di cafe ini mungkin sudah padat sekali. Kita khawatirkan tidak ada physical distancing di dalam cafe, jadi terabaikan," tuturnya di sela-sela pembubaran pengunjung.

Hefrizon bilang, polisi sebagai bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 ikut melaksanakan tugas dalam pengawasan dan penerapan protokol kesehatan.

"Tadi saya sampaikan ke pihak cafe harus buat papan pengumuman di depan mengenai Peraturan Wali Kota, bukan di dalam cafe," tegasnya.

Hefrizon menambahkan, pengelola Big Brown kewalahan menerapkan physical distancing lantaran pengunjung menumpuk.

"Pemilik cafe kewalahan mengatur tamu untuk terapkan physical distancing. Karena tidak terapkan physical distancing, kami dari pihak kepolisian langsung menghentikan seluruh kegiatan di dalam cafe, karena menyalahi Peraturan Wali Kota," terangnya.

Sementara itu, General Manager Big Brown, Dedi Hermawan mengatakan, pihaknya sudah menerapkan Perwali ketika pengunjung masuk ke dalam cafe. Hanya saja saat makan pengunjung pasti melepas maskernya.

"Semua masuk ke dalam cafe, pengunjung menggunakan masker. Ketika di dalam dan makan mereka melepaskan masker,” kata Dedi.

Dedi membenarkan beredarnya video pengunjung Big Brown yang tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak.

"Kita adalah manusia, mungkin tidak selamanya sempurna. Paling tidak kita sudah menerapkan protokol kesehatan Covid-19," imbuhnya.

Dedi bilang, untuk izin operasi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Kota Ternate agar cafe dibuka hingga pukul 00:30.

"Saya sudah izin Cafe Big Brown buka hingga 00:30. Bukan malam Minggu ini saja, tetapi sudah dibuka dari beberapa malam Minggu sebelumnya," pungkasnya.

Penulis: Rikam Hi Kamari
Editor: Ika FR