1. Beranda
  2. Politik

Sehari Dua APK Paslon Tiba di Ternate, Ada Penambahan Jumlah BK

Oleh ,

Tandaseru -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate, Maluku Utara telah menyiapkan Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) untuk calon Wali kota dan Wakil Wali kota Ternate tahun 2020.

APK dan BK yang akan dibagikan kepada semua kandidat itu dicetak oleh PT Surya Agung Makassar dan saat ini dalam perjalanan menuju Ternate. Estimasinya, pada 27 atau 28 Oktober 2020 logistik tersebut sudah tiba di Ternate.

"Jadi di delapan kabupaten/kota semuanya dicetak di Makassar lewat PT Surya Agung, karena semua tendernya lewat Provinsi," ungkap Komisioner KPU Ternate Soleman Patras, Minggu (25/10).

Kata Soleman, sesuai dengan petunjuk teknis, KPU memfasilitasi APK dan BK untuk setiap paslon. Rinciannya, baliho sebanyak 5 buah, spanduk 2 buah dikalikan 78 kelurahan, kemudian umbul-umbul dicetak 20 basis di kecamatan.

Sedangkan BK ada penambahan dari jumlah awal 12,375 menjadi 17,250 yang terbagi menjadi 4 jenis BK untuk masing-masing paslon. Penambahan dilakukan setelah perusahaan pemenang tender melakukan penyesuaian harga perkiraan sendiri (HPS).

"Karena yang kemarin ditenderkan sampai di sana ada edaran dari KPU RI, kalau saya tidak salah, ada harga yang diturunkan dari harga awal sehingga ada penambahan," sebut Soleman.

"Selain KPU memfasilitasi, boleh juga dicetak oleh paslon dengan ketentuan. Misalkan baliho paslon hanya boleh mencetak maksimal 20 dan spanduk hanya 4, umbul-umbul 40 per kecamatan dan bahan kampanye boleh paslon mencetak 100 persen dari yang difasilitas KPU," tandasnya.

Berita Lainnya